Mempersiapkan Kendaraaan Di Musim Hujan

Musim hujan sudah datang. Bagi sebagian orang yang aktivitasnya menggunakan sepeda motor, tentu sangatlah tidak mengenakkan. Ketika sedang terjebak lampu merah, tahu-tahu langsung hujan deras, bisa basah semuanya. Padahal belum sempat pakai jas hujan. Belum lagi situasi jalan yang menjadi licin, banyak lubang-lubang yang tertutup genangan air yang bisa membahayakan keselamatan para pengendara. Masih banyak derita lain yang dialami para pengendara motor ketika musim hujan. Termasuk banjir yang bisa membuat motor menjadi mogok dan memerlukan perawatan yang tidak murah tentunya.

Di musim hujan seperti ini tentu kita wajib membawa jas hujan, dan sepatu karet yang memang didesain untuk menghadapi situasi hujan. Lalu bagaimana dengan motor kita? Di musim hujan seperti ini, kita juga harus mempersiapkan kendaraan menghadapi musim hujan. Tidak hanya bikernya yang perlu persiapan, motornya juga butuh dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan.

Bagaimana supaya motor kita dalam kondisi prima di musim hujan?
Yuk kita bahas bersama-sama supaya sebagai biker kita tetap bisa berkendara dengan aman dan nyaman di musim hujan.


 Berikut adalah beberapa tips mempersiapkan motor saat menghadapi musim hujan:

1. Kita harus memastikan bahwa semua lampu berfungsi dengan baik atau menyala.Baik lampu depan, belakang, sein hingga stop lamp.
Hal ini sangat penting mengingat di musim hujan, curah hujan terkadang sangat tinggi sehingga menyebabkan jarang pandang yang terbatas. Dalam situasu seperti ini kita wajib menyalakan lampu untuk memberi tanda kepada pengendara lain bahwa ada kita yang sedang mengendarai motor. Kalau kita tidak menyalakan lampu, bisa terjadi kecelakaan mengingat jarak pandang yang sangat terbatas.

2. Chek kondisi ban.
Hendaknya ban masih dalam kondisi baik atau layak pakai. Hal ini mengingat situasi di jalanan yang licin. Ketika ban kita sudah gundul, amatlah berbahaya ketika misalnya kita butuh melakukan pengereman.

3. Check kondisi busi beserta tutupnya.
Seringkali kita harus menerjang genangan air yang tinggi di jalanan ketika musin hujan seperti ini. Kalau businya sudah jelek, rawan mati.

4. Untuk tipe motor bebek maupun sport, wajib hukumnya untuk selalu membersihkan dan melumasi rantai roda.

5. Chek kondisi rem apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

6. Pastikan saringan udara tidak kemasukan air ketika menerjang banjit. Begitu pula dengan selang pernafasan karburator tidak tersumbat.


Itulah beberapa point yang perlu kita persiapkan ketika musim hujan seperti ini. Kalau mau aman, lebih baik lakukan service rutin di bengkel resmi demi memastikan kondisi motor. Jangan sampai kita menerjang banjir dengan kondisi motor yang tidak sehat. hal ini bisa berbahaya karena kalau motor mogok akan membutuhkan biaya perawatan yang lumayan mahal.

semoga berguna

0 Response to "Mempersiapkan Kendaraaan Di Musim Hujan"

Post a Comment