Buta Akibat 6 Bulan Tak Lepas Lensa Kontak

Sebagian orang lebih memilih menggunakan lensa kontak daripada kacamata. Selain praktis juga telihat lebih trendy dan gaya. Padahal lensa kontak membutuhkan perawatan yang lebih rumit dibandingkan dengan menggunakan kacamata. Pengguna lensa kontak harus secara teratur melepas lensa kontak, kemudian membersihkannya. Hal ini harus dilakukan beberapa hari sekali atau sesuai petunjuknya.  Lensa kontak juga punya masa expired. Kalau sudah kadaluwarsa harus dibuang, tidak boleh digunakan lagi.

Jika abai melakukannya, bisa berakibat fatal. Hal inilah yang terjadi seorang mahasiswi asal Taiwan bernama Kao. Lensa kontak Kao menjadi sarang amoeba berbahaya. Kao terdiagnosis mengalami acanthamoeba keratitits, infeksi amoeba pada lensa kontak. Akibatnya, Kao mengalami kebutaan.
Buta Akibat 6 Bulan Tak Lepas Lensa Kontak

Ketika melepas lensa kontak dari mata Kao, ahli medis ketakutan karena mengetahui bahwa permukaan mata gadis tersebut sudah hilang dimakan oleh amoeba yang hidup dalam lensa kontaknya. Amoeba berkembang biak dengan cepat pada lensa kontak yang tak dilepas dan memakan mata gadis tersebut hingga buta. (merdeka.com)

"Pemakai lensa kontak memiliki risiko yang paling tinggi terkena penyakit mata, dibandingkan dengan pemakai kacamata. Kurangnya oksigen pada mata bisa menghancurkan jaringan pada permukaan mata, menyebabkan luka yang bisa dengan mudah terinfeksi oleh bakteri. Bakteri juga bisa dengan mudah menyebar," ujar Wu Jian-Liang dari Wan Fang Hospital di Taipei

0 Response to "Buta Akibat 6 Bulan Tak Lepas Lensa Kontak"

Post a Comment