Mengenal Fungsi Jalu Setang Pada Motor

Pengendara motor tentunya tahu dengan komponen yang biasa disebut sebagai jalu stang atau bar-end. Komponen kecil yang letaknya di ujung setang dan dapat dilepas maupun dipasang kembali. Bentuknya sangat simpel dan sederhana. Karena bentuknya yang simpel tersebut, banyak biker yang seringkali tidak memperhatikan keberadaan komponen yang satu ini. Bahkan banyak biker yang sepertinya tidak paham dengan fungsi dari bar-end. Keberadaannya seringkali dianggap tidak berguna. Imbasnya kita bisa melihat biker yang lebih memilih untuk melepas jalu setang dari motornya. Alasannya seringkali simple karena menganggu pemandangan, menjadikan motor terlihat seperti lebih lebar, motor terlihat kurang gagah dan lain sebagainya.
Memang, keberadaan jalu setang membuat tampilan motor seolah menjadi lebih lebar. Akan tetapi, kita juga harus mengetahui bahwa keberadaan jalu setang memiliki fungis tersendiri yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Fungsinya pun bisa dikatakan sangat penting untuk keselamatan berkendara kita. 

Apa fungsi jalu setang pada motor? Fungsi utama dari jalu setang adalah sebagai penyeimbang atau balancer.
Bar-end ini tentusaja tidak sembarangan dibuat. Beratnya sudah didesain sedemikian rupa oleh pabrikan sehingga dapat memberikan kestabilan pada setang motor. Kalau kemudi sudah tidak stabil, akan sangat berbahaya bagi keselamatan pengendarannya. Fungsi lainnya yang tak kalah penting adalah mengurangi getaran pada kemudi motor agar setang menjadi lebih stabil dan nyaman saat dikendarai. Di samping kedua fungsi utama tersebut, keberadaan jalu motor dapat mengurangi resiko kecelakaan pada biker. Sebab, keberadaannya dapat menjadi proteksi ketika motor jatuh. 

Lantas apa efeknya ketika jalu setang ini dilepas? Jika jalu setang dilepas maka motor akan terasa goyang dan tidak stabil. Situasi seperti ini cukup tidak nyaman juga tidak aman bagi biker. Oleh karena itu, tidak ada salahnya membiarkan jalu setang pada tempatnya dan bekerja sebagaimana fungsinya. Toh sebenarnya motor tetap terlihat gagah dengan keberadaan jalu motor. Sebagai biker yang mengerti akan pentingnya keselamatan berkendara, tentu kita tidak bisa lagi menyepelekan fungsi dari jalu setang ini.





0 Response to "Mengenal Fungsi Jalu Setang Pada Motor"

Post a Comment