Bagaimana Supaya Motor Matic Irit

Bagaimana supaya motor matic irit? Motor matic sekarang sudah menjadi primadona di masyarakat Indonesia. Penjualannya terus bertumbuh dari tahun ke tahun dan berhasil mengambil alih penjualan motor bebek. Padahal, sebelumnya motor bebek cukup lama menjadi primadona di masyarakat kita. Salah satu faktornya adalah karena masyarakat kita membutuhkan sarana tranportasi yang praktis dan efisien ketika menghadapi jalanan yang semakin macet. Motor matic mampu menjawab kebutuhan tersebut. Pengendara matic tidak perlu repot-repot ganti gigi ketika akan menurunkan atau menaikkan kecepatan. Cukup tarik rem dan motor akan berhenti sesuai dengan keinginan. Tidak seperti motor bebek yang mengharuskan penunggangnya harus oper gigi ketika harus menaikkan atau menurunkan kecepatan.
Akan tetapi, di tengah kepraktisan tersebut, motor matic ternyata lebih boros bahan bakar. Itu adalah keluhan yang umum dari para pengguna motor matic. Salah satu faktornya adalah karena motor matic tidak memiliki persneling sebagaimana motor bebek. Namun, kita tidak perlu khawatir. Karena sekarang motor matic rata-rata sudah menggunakan sistem injeksi sehingga lebih irit bahan bakar. Sementara itu, untuk motor matic yang masih menggunakan pengabut karburator, pemborosan bahan bakar  sebenarnya bisa kita minimalkan.
tips biar matic irit
Berikut adalah tips agar motor matic irit:

1. Membersihkan karburator secara rutin.
Karburator merupakan pengatur pasokan bahan bakar ke ruang bakar. Dengan demikian kondisinya perlu dijaga agar selalu bersih. Kalau karburator kotor, efeknya adalah suplai bahan bakar akan tersendat. Supaya terjaga kebersihannya, karburator perlu dibersihkan minimal sebulan sekali.

2. Mengendarai dengan kecepatan stabil
Kalau kita sering menarik gas secara mendadak ataupun melakukan pengereman mendakak, hal ini akan mengakibatkan bahan bakar menjadi cepat habis. Karena bahan bakar yang diperlukan menjadi lebih besar. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengendarai motor matic secara bijaksana. Dalam artian tidak sering-sering putar gas sembarangan ataupun melakukan pengereman mendadak. Lebih baik membawa motor matic pada kecepatan yang konstan atau stabil. Lakukan pengereman secara perlahan dan kurangi kebiasaan melakukan pengereman mendadak. Ketika akan menaikkan kecepatan putarlah gas secara perlahan seperti diurut dan tidak perlu menyentak-nyentakkan putaran gas. Begitu pula ketika kita hendak menurunkan gas.

3. Ganti oli secara berkala
Biasanya pabrikan menyarankan agar penggantian oli dilakukan kalau motor matic sudah menempuh jarak 3.000 km. Akan tetapi lebih baik dilakukan penggantian oli sebelum itu. Karena, dengan penggantian oli secara teratur, komponen yang saling bergesekan tidak akan cepat aus. Di samping itu, efek positifnya, penggantian oli secara teratur akan membuat performa mesin tetap halus dan terjaga. Dan lagi, kita perlu menggunakan oli yang sesuai atau direkomendasikan untuk sepeda motor matic. Penggunaan oli yang tidak sesuai bisa mengakibatkan mesin menjadi panas dan putaran gas menjadi lebih berat.

4.  Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi
Bahan bakar beroktan tinggi lebih cepat meletup dan akan terbakar sempurna di ruang bakar. Dan lagi, penggunaan bahan bakar beroktan tinggi seperti Pertamax tidak akan menimbulkan banyak kerak pada mesin.
Buat biker yang sudah biasa menggunakan premium untuk motor maticnya, langkah untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi ini perlu dicoba. Tapi jangan mengoplos antara premium dengan pertamax misalnya. Kalau kita hendak mengisi dengan pertamax, lakukan ketika kondisi tangki sudah kosong.
Kabar baiknya buat biker, pertamax turun harga. Selisih hargannya dengan premium sekarang relatif tidak terlalu jauh, sekitar Rp 1.500.

5. Kurangi aksesories motor yang dapat menambah beban motor
Penggunaan aksesories yang berlebih dapat menambah beban motor. Imbasnya bahan bakar akan menjadi lebih boros karena ada tambahan beban.


0 Response to "Bagaimana Supaya Motor Matic Irit"

Post a Comment