Tubuh Pecinta Sushi Ini Dipenuhi Cacing Pita

Berbagai makanan Jepang dengan mudah dapat dijumpai di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Salah satu menu favorit pecinta makanan Jepang adalah sushi. Apakah Anda penggemar makanan khas asal negeri Sakura, seperti sushi maupun sashimi? Makanan berbahan dasar ikan mentah ini sekarang cukup popoler dan digemari tidak hanya di negara asalanya tapi juga di banyak negara, termasuk Indonesia. Nah, terkait makanan tersebut, ada kabar cukup mengerikan dari China. Tubuh seorang laki-laki penggemar sushi dipenuhi cacing pita.
sumber ilustrasi: asleymarketplace.com
Kisah mengerikan itu terungkap setelah sang pria ini melakukan pemeriksaan ke dokter akibat sakit yang teramat sangat di perutnya dan gatal-gatal di sekujur tubuhnya. Dari hasil pemerikasaan Dokter, ditemukan kondisi yang cukup mengerikan tadi. Di dalam tubuh laki-laki tersebut bersarang banyak cacing pita. Cacing-cacing tersebut hidup, berkembang biak, bahkan mengerogoti organ dalamnya. Dokter yang memerika mempunyai keyakinan bahwa kondisi tersebut terjadi akibat kebiasaan sang pria tesebut dalam mengkonsumsi ikan mentah dalam sushi. Sayangnya menu ikan mentah yang menjadi kegemarannya tersebut diperkitakan telah terkontaminasi.

Dokter yang menangani sang laki-laki malang tersebut menjelaskan bahwa infeksi cacing pita tersebut terjadi akibat ikan mentahnya terinfeksi cacing yang masih dalam tahap larva. Ketika ikan mengonsumsi cacing pita, maka larva yang menetas menempel pada dinding usus ikan dan cacing menginfeksi dagingnya. Penjelasan lebih lanjut datang dari Dr Yin dari Rumah Sakit Guangzhou No. 8 dalam situs that'smags.com. Dr Yin menuliskan bahwa makanan yang telah terkontaminasi oleh telur cacing pita bisa menyebabkan cysticercosis. Ini adalah kondisi dimana cacing dewasa masuk ke aliran darah seseorang. Infeksi ini sangat berbahaya apabila cacing mencapai otak manusia. Karena dalam prosesnya sushi tidak dimasak, larva bisa berpindah ke daging manusia yang mengkonsumsi ikan yang telah terkontaminasi tersebut. Yang terjadi selanjutnya, cacing pita akan tumbuh di dalam usus dan panjangnya  bisa mencapai 15 meter hanya dalam beberapa minggu saja. Cacing pita sendiri dapat bertahan hidup sampai beberapa tahun. Lebih mengerikan lagi, keberadaan cacing yang bisa tak terdeteksi selama minggu/bulan mampu bertelur kemudian menginfeksi bagian lain dari tubuh. Gejala seseorang terinfeksi cacing pita adalah mengalami demam, konstipasi atau perut terasa tak nyaman. Jika larva cacing pita mulai pindah ke bagian lain tubuh, mereka bisa menggerogoti hati, mata, jantung atau otak.
Sungguh mengerikan sekali apa yang dialami sang pria asal China tersebut. Akibat kebiasaan makan sushi yang dagingnya sudah terkontaminasi, dirinya harus mengalami kejadian yang sangat mengerikan. Tubuhnya dipenuhi cacing pita. Kalau sudah begitu perlu tindakan medis yang tentusaja tidak murah biayanya. Entah bagaimana caranya sang dokter dalam mengeluarkan cacing-cacing pita dari tubuh pria malang tersebut. Yang jelas, kalau sampai cacing-cacing pita tersebut mencapai otak, bisa dibayangkan betapa mengerikannya.
Memang tidak semua sushi berbahaya. Ada banyak tempat yang menyajikan makanan jenis ini dengan memberikan jaminan kalau ikan mentahnya sehat dan aman dari berbagai penyakit. Akan tetapi, berkaca dari pengalaman pria malang tersebut, kita harus lebih bijak ketika memilih makanan. Jangan sampai akibat salah makan, kita mengalami kejadian mengerikan yang sama-sekali tidak kita duga. 

0 Response to "Tubuh Pecinta Sushi Ini Dipenuhi Cacing Pita "

Post a Comment