Fungsi Behel Pada Motor

Rata-rata semua jenis motor dilengkapi dengan behel pada bodi bagaian belakang. Bentuknya terlihat simple dan minimalis. Akan tetapi, pihak pabrikan tentunnya tidak asal pasang piranti tersebut. Jelas ada perhitungan dan fungsi tersendiri kenapa motor dipasangi behel dan penempatannya seperti itu. Tidak asal pasang saja.
Sayangnya kalau kita perhatikan, masih banyak biker yang kurang memperhatikan fungsi dari behel motor.
Buktinya, di tempat parkiran banyak dijumpai motor-motor tanpa behel. Pemiliknya sengaja melepas behel karena berbagai alasan. Salah satunya adalah untuk gaya-gayaan, agar motor terlihat lebih keren dan gagah. Ada pula yang sengaja melepas behel ini karena boncenger? Kok bisa? Simpelnya kalau behel dilepas tentu boncenger akan berpegangan pada pemboncengnya. Dan ini biasanya dilakukan para remaja. Padahal, walalupun terlihat simple, behel mempunyai fungsi yang berguna.
fungsi behel motor

Berikut adalah beberapa fungsi behel motor:

1. behel adalah piranti yang menjadi penahan tumpuan beban.
Keberadaan behel motor sangat dibutuhkan untuk menahan beban yang berada di atasnya. Karena seringkali biker membawa barang di belakang. Dengan adanya behel ini, menjadi penahan agar barang yang dibawa tidak langsung bersentuhan dengan lampu belakang ataupun piranti lain. 

2. behel motor dapat berfungsi  sebagai penyeimbang saat kita berboncengan mengendarai motor.
Behel menjadi tempat berpegangan boncenger di jalan. Ketika boncenger berpegangan pada behel, akan membuat posisi berkendara menjadi tetap stabil. Dengan demikian pengendara di depan akan tetap nyaman membawa motornya.

3. Keberadaan behel memudahkan kita saat melakukan standar tengah.
Ketika kita akan melakukan standart tengah, otomatis tangan kanan akan memegang behel. Jadi jelas bahwa behel bisa dijadikan pegangan ketika kita hendak mengangkat bodi motor. Hal ini tentusaja sangat berguna terutama bagi lady biker. Dengan bobot motor yang rata-rata lebih dari 90 kilo, akan sangat memudahkan ketika lady biker hendak menarik body motor kemudian melakukan standar tengah. Begitu pula bagi biker yang sering angkut-angkut barang seperti pedagang, tentusaja memudahkan ketika harus melakukan standart tengah untuk menaikkan barang.

Itulah beberapa fungsi dari behel motor. Walaupun simple, fungsinya sangat berguna buat para biker. Akan lebih baik kalau behel pada motor tetap dibiarkan seperti adanya, tidak perlu diganti atau bahkan dilepas karena berbagai alasan.




0 Response to "Fungsi Behel Pada Motor"

Post a Comment