Iklan Motor Kebablasan Miong Meong Meong Dan Skutik BeTe

Tidak hanya di pemilu saja ada iklan yang provokatif  dan cenderung menyerang secara frontal kepada lawannya. Baru-baru ini, diketemukan iklan di industri otomotif roda dua dengan bahasa yang sangat frontal dan menyerang. Entahlah apakah ini sebuah kesengajaan atau tidak. Tetapi yang namanya iklan yang provokatif, tetaplah hal yang tidak etis. Berusaha menjatuhkan kompetitor dengan menyatakan bahwa produk sendiri adalah yang terbaik dan produk lawan adalah buruk dengan berbagai penjabaran yang berlebihan dan belum tentu benar. Tujuannya jelas supaya produk sendiri menjadi laku sedangkan produk kompetitor tidak.

Iklan pertama yang memuat perbandingan antara New Mio M3 dengan skutik yang disebut sebagai BeTe ini ada di Lampung.  Di bawah tulisan BeTe tersebut ditambahi dengan embel-embel dengan teknologi jadul yang diberi tanda tanya. Dari siluet gambar skutik yang dinamakan BeTe tersebut, yang dimaksud tentu saja adalah kompetitor, yang kita semua sudah tahu siapa. Dalam iklan tersebut dijabarkan pula perbandingan antara Mio M3 dengan motor yang disebut sebagai BeTe tersebut.
miong meong meong dan skutik bete
Disebutkan bahwa Yamaha New Mio M3 Blue Core 125 cc sudah mengusung teknologi canggih. Kapasitas mesin unggul jauh dibanding skutik BeTe yang hanya 110 cc. Karena unggul cc, maka tenaga mesin juga lebih unggul. Selain unggul tenaga mesin, kapasitas tangki bahan bakar Mio M3 juga unggul dibandingkan dengan skutik BeTe. Dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 4,2 liter yang lebih besar dibandingkan dengan skutik Bete. Plus fitur eco riding yang tidak dimuliki pada skutik BeTe. Fitur baru yang hanya ada di Yamaha Mio M3. Iklan tersebut memang tidak secara langsung menunjuk siapa yang dimaksudkan dengan skutik Bete. Sepertinya pemasang iklan ini menyerahkan kepada pembaca untuk mengartikan yang dimaksud dengan skutik BeTe tersebut.

Pemasangan iklan yang provokatif juga ditemukan di Jawa Timur. Dalam gambar yang terlihat di bawah,  terlihat tulisan: ''HONDA TEKNOLIGI PINTAR YANG  LAIN BARU BELAJAR". Tidak berhenti di situ, ada tulisan yang tak kalah pedasnya " awass...!!! injeksi tiruan". Bahkan dituliskan "malu sama kucing". Plus gambar kucing hitam di sampingnya.
Yang membuat jelas siapa yang dimaksud mungkin adalah tulisan MIONG MEONG MEONG.
iklan unik motor

Kedua iklan tersebut sekilas terlihat lucu namun telak mengena kepada lawan yang dimaksudkan masing-masing pihak. Sayangnya, keunggulan yang dimaksud dalam iklan tersebut tidak disertai bukti-bukti yang valid. Akan lebih elegant kalau iklan yang dipasang lebih mengunggulkan sisi positif dari produknya. Kalau perlu disertai bukti-bukti yang valid tanpa perlu adanya rekayasa. Dengan demikian, iklan sekaligus memberikan pencerahan kepada konsumen. Jangan sampai iklan disertai kampanye negatif yang menjatuhkan kompetitor.

0 Response to "Iklan Motor Kebablasan Miong Meong Meong Dan Skutik BeTe"

Post a Comment