Seamles Gearbox Yamaha Kalah Mumpuni Dari Honda

Pada kompetisi MotoGP tahun ini, dua rider andalan Yamaha, Valention Rossi dan Jorge Lorenzo dibuat tidak berdaya oleh ketangguhan Marc Marquez dari Honda. 11 kemenangan yang diraih Marquez dan 1 kemenangan Dani Pedrosa baru bisa dibalas 1 kali oleh Yamaha lewat Rossi pada balapan di Misano kemarin. Dengan demikian skor sementara adalah 12-1 untuk kemenangan Honda. Lalu mengapa seolah ketangguhan Yamaha seolah sirna dihadapan pembalap muda dari Honda yang baru naik kelas MotoGP?

Tak dapat dipungkiri bahwa skill Marquez memang patut diacungi jempol. Marquez disebut sebagai pembalap yang cerdas, agresif, berani mengambil resiko. Namun, jangan dikesampingkan dukungan penuh dari pabrikan Honda. Rider asal spanyol ini  mendapatkan dukungan motor yang sangat kompetitif dari HRC. Motor tunggangan Marquez memiliki kecepatan yang luar biasa. Pengereman pada RCV2013 juga berjalan mulus sehingga memudahkan para pembalapnya dalam bermanuver di lintasan balap.
Dua pembalap Yamaha pun mengakui ketangguhan maupun teknologi Honda RCV2013 yang dibesut Marquez maupun Pedrosa. Salah satu teknologi dari Honda yang selangkah lebih maju dari Yamaha adalah seamless gearbox (SSG).Yamahapun sampai mengikuti langkah Honda untuk menjejalkan SSG pada Yamaha M1 yang ditunggangi Rossi maupun Lorenzo. Hal ini jelas membukikan kalau teknologi SSG Honda punya pengaruh yang signifikan terhadap motor. Dan lagi, SSG milik Honda sudah berjalan sempurna baik untuk upshift maupun untuk downshiftingnya. (menaikkan gear/menurunkan gear tanpa jeda).
motogp: seamless gearbox yamaha kalah canggih dibanding honda
Bagaimana dengan Yamaha? Apakah mereka sukses mencangkokkan SSG pada Yamaha M1? Setahun lalu, Yamaha sudah mencangkokkan SSG pada M1. Hasilnya adalah bahwa SSG yang digunakan Yamaha terbukti mampu meningkatkan kecepatan M1. Hal ini diamini oleh Rossi maupun Lorenzo. Sayangnya, SSG Yamaha belumlah sempurna seperti milik Honda. Masih ada kekurangan yang cukup mengganjal buat para pembalapnya. Kalau SSG Honda untuk upshift maupun downshiftingnya sudah tanpa jeda, tidak demikia dengan SSG Yamaha. Sementara ini SSG yamaha hanya bisa upshift ( menaikan gear tanpa jeda ) sementara untuk downshiftingnya masih mengalami jeda.
HDua pembalap Yamaha sendiri meyakini kalau Honda punya keunggulan lebih baik saat melakukan pengereman maupun saat masuk tikungan berkat SSG yang mereka gunakan. Rossi dan Lorenzo sama-sama mengamini kalau full SSG sebagaimana yang dimiliki Honda bisa membantu M1 lebih kompetitif. Sayangnya untuk musim kompetisi ini, hal itu belum bisa terealisasikan oleh Yamaha. Sehingga Rossi dan Lorenzo masih mengalami jeda ketika melakukan downshifting. Keduanya berharap agar Yamaha secepatnya menyempurnakan SSG pada M1 sehingga bisa lebih kompetitif. Harapannya dengan penyempurnaan SSG tersebut, keduanya menjadi lebih kompetitif untuk menghadapi dua pembalap dari Honda.
Akankah musim kompetisi 2015 Yamaha sudah menyempurnakan SSG nya? Kita tunggu saja musim kompetisi 2015. Kita berharap bahwa SSG Yamaha sudah sempurna sehingga tontonan MotoGP menjadi lebih seru.


sumber berita: mesinbalap

0 Response to "Seamles Gearbox Yamaha Kalah Mumpuni Dari Honda"

Post a Comment