Bahaya Menaruh Helm Di Atas Tangki Motor

Pemilik motorsport umumnya senang menaruh helm mereka di atas tangki motor. Kebiasaan menarauh helm di atas tangki motor sebenarnya tidaklah baik. Bisa dikatakan ini justru buruk bagi sang pemiliknya. Kenapa? Mari kita bicarakan bersama.

bahaya menaruh helm di atas tangki motor
Menaruh helm di atas tangki motor sangat berbahaya karena uap bensin dapat menusup melalui ventilasi yang ada pada tutup tangki. Dalam jangka panjang, uap bensin yang keluar ini dapat merusak komponen di dalam helm seperti busa dan gabus stereofoan helm. Kalau sudah begini, komponen tersebut bisa menjadi kering, bahkan keras sehingga mudah hancur. Hal ini sangat berbahaya karena fungsi utama komponen tersebut adalah melindungi batok kepala kita kalau terjadi benturan. Kalau komponen pelindungnya sudah rusak, kita bisa bayangkan helm tersebut sudah tidak layak lagi untuk dipergunakan.


Efek buruk lainnya, bau bensin yang nempel pada busa helm mengakibatkan bau yang tidak enak pada helm. Yang lebih ditakutkan, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan pengendaranya.
Karena itu, kebiasaan menaruh helm di atas tangki motor wajib ditinggalkan. lebih baik helm kesayangan ditaruh di jok bagian belakang. Kalau mau aman, kita bisa menambahkan piranti keamanan seperti kunci helm. Atau kalau mau praktis, kita bisa menitipkan helm di tempat penitipan helm.


0 Response to "Bahaya Menaruh Helm Di Atas Tangki Motor"

Post a Comment