Bagaimana Posisi Tangan Dan Kaki Yang Benar Ketika Naik Motor?

Bagaimana posisi tangan dan kaki yang benar ketika naik motor? Seringkali, kita melihat posisi berkendara seorang yang terlalu nungging meskipun motor yang dikendarai bukanlah jenis motor sport.  Ada pula biker yang tampak santai dengan kaki dibiarkan terjuntai, keluar dari sayap bagian depan. Ada juga pemotor yang selalu mencengkeram tuas rem ketika berkendara. Posisi berkendara yang demikian bisa dikatakan bisa berbahaya bagi keselamatan seorang biker. Lalu bagaimana seharusnya posisi tubuh kita utamanya posisi tangan dan kaki ketika berkendara? Posisi tangan dan kaki saat berkendara amatlah menentukan keselamatan kita dalam berkendara di jalanan. Posisi kita utamanya tangan, kaki, dan posisi duduk harus diatur agar nyaman.

Mari kita mulai dari posisi tangan saat berkendara. Posisi tangan yang benar saat naik motor adalah tangan mengepal di setang. Dengan demikian, diusahakan agar tidak ada jari yang keluar dari kepalan. Memang masih banyak yang beranggapan bahwa kalau beberapa jari kita dalam posisi stand by di tuas rem akan bisa menghasilkan reflek yang bagus. Anggapan ini tidaklah sepenuhnya tepat. Karena jika sebagian jari kita stand by di tuas rem, yang terjadi adalah kemungkinan kita akan reflek untuk menarik tuas rem tersebut. Padahal bisa saja kita sedang tidak membutuhkan pengereman. Akibatnya, lampu rem belakang menyala dan bisa membuat pengendara di belakang menjadi terkejut. Karena itulah, posis tangan lebih baik mengepal dan full di setang untuk bisa memaksimalkan keseimbangan motor. Mengingat keseimbangan motor berada di setang. Begitu pula untuk motor yang menggunakan kopling. Jika kita tidak sedang menarik tuas kopling, tangan kiri lebih baik dalam posisi mengepal di setang motor. Biker yang biasanya membiarkan beberapa jarinya stand by di kopling, secara tidak sadar bisa saja menarik kopling tersebut. Hal itu tentusaja mengakibatkan pemborosan yang tidak perlu pada kampas kopling. Jelasnya, posisi tangan yang baik adalah mengepal di setang agar handling menjadi maksimal. Ketika kita akan melakukan pengereman, memberikan lampu sean, klakson, barulah jari keluar dari kepalan.

Lalu bagaimana dengan posisi kaki? Untuk sepeda motor tipe skutik, hendaknya kedua kaki berada dalam  deck. Jangan sampai ada bagian kaki yang keluar dari deck. Selain posisi kaki, posisi lutut pun tidak boleh keluar. Jadi, ketika kita mengendarai skutik, posisi paha, lutut maupun kaki harus sejajar dan tidak boleh keluar dari bagian body matik bagian depan. Untuk motor sport, posisi paha hendaknya menjepit tangki bensin. Diusahakan agar jepitannya maksimal. Karena dengan posisi tersebut, keseimbangan motor bisa diatur dengan maksimal ketikamelewati jalan berlubang. Untuk posisi kaki diusahakan untuk selalu dalam posisi stand by di pedal rem belakang dan persneling.
bagaimana posisi tangan dan kaki yang benar ketika naik motor
Untuk posisi badan. Posisi badan diusahakan dalam posisi tegak, jangan membungkuk atau terlalu menunduk ke depan. Posisi tegak dan rileks. Dan yang pasti posisinya membuat kita nyaman.

Demikianlah posisi badan, tangan, maupun kaki yang disarankan demi keselamatan berkendara. Tak ada salahnya kita coba demi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara di jalanan. Akan lebih baik kalau kita tahu bagaimana posisi yanb baik dalam berkendara. Jangan sampai kita hanya bisa naik motor tetapi tidak membekali diri dengan pengetahuan berkendara yang baik dan benar.

0 Response to "Bagaimana Posisi Tangan Dan Kaki Yang Benar Ketika Naik Motor?"

Post a Comment