Takut Ditilang, Motor Ditinggal Dan Hilang

Ketika di jalan raya ada polisi yang sedang bertugas,  kita biasanya merasa aman. Akan tetapi, seringkali terjadi pula, begitu melihat ada polisi, ada pengendara yang belingsatan, gelagapan. Ini  bisa saja terjadi karena dipicu berbagai hal, seperti tidak bawa SIM/ STNK, tidak pakai helm, atau tanpa kelengkapan yang lain. Intinya satu, takut ditilang.
Pernah juga saya bertemu biker yang langsung puter balik begitu di depan melihat ada polisi. Untung jalanan lagi sepi sehingga tidak terjadi apa-apa. Puter baliknya nekad, tidak lihat kanan kiri, depan belakang langsung muter aja, seolah jalanan milik sendiri. Kebayang kalau pas dibelakangnya ada kendaraan, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi.
takut ditilang, motor ditinggal dan hilang

Begitupun dengan salah satu kejadian yang menimpa Solihin, warga Surabaya ini. Sang biker ini bersama dua temannya naik motor dari Surabaya menuju Bangkalan. Di tengah jalan, ternyata papasan dengan polisi yang sedang naik motor. Karen takut kena tilang, secara boncengan dua,  Solihin berusaha menghindari polisi yang lewat tersebut.

Entah apa yang terlintas di benak Solihin, ia dan dua temannya kabur meninggalkan motornya di desa Sendeng, Lambang, Madura.
Sialnya, begitu balik lagi dan dicari, motor tersebut sudah raib. Hilang entah kemana. Usaha orang tua korban untuk mendatangi kantor polisi tidak membuahkan hasil. Sebab, motor yang dicari tidak ada di sana.
Motor yang baru dibeli sekitar sebulanan ini tetap tidak ketemu.

"Kejadian ini sudah dilaporkan. Sepertinya yang mengambil motor itu bukan anggota, karena tidak ada surat tilang. Kemudian setelah dicek pada beberapa polsek dan polres, tidak ada," terang keluarga korban, Fauzi, Sabtu (7/6/2014). okezone.

Sayang sekali, motor yang baru sebulan dibeli harus hilang dengan cara demikian. Tapi, memang kenyataannya masih ada biker yang berpikir lebih baik hindari polisi. Padahal kalau surat-surat kita lengkap, nyantai aja. Tidak usah takut atau grogi. Justru polisi akan curiga dengan biker yang bertingkah aneh, grogi atau apapun itu ketika melihat atau bertemu polisi. Tetap nyaman berkendara saja.

Lalu, kalau ternyata kita tidak membawa surat kelengkapan berkendara ketika ketemu polisi? Hadapi saja. Toh semuanya bisa diselesaikan baik-baik dahulu. Kalau waktunya ditilang ya sudah. Jangan sampai karena takut kena tilang, kita membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.


0 Response to "Takut Ditilang, Motor Ditinggal Dan Hilang "

Post a Comment