Keuntungan Isi Angin Dengan Nitrogen

Apa itu Nitrogen?
Nitrogen atau zat lemas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Biasanya ditemukan sebagai gas tanpa warna, tanpa bau, tanpa rasa dan merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil, sangat sulit bereaksi dengan unsur atau senyawa lainnya. Dinamakan zat lemas karena zat ini bersifat malas, tidak aktif bereaksi dengan unsur lainnya.Nitrogen mengisi 78,08 % atmosfer Bumi dan terdapat dalam banyak jaringan hidup. Zat lemas membentuk banyak senyawa penting seperti asam amino, amoniak, asam nitrat, dan sianida.
keuntungan isi angin dengan nitrogen
Bagaimana mengisi angin dengan nitrogen?
Ketika pertama kali mengisi nitrogen, angin yang ada di ban wajib dikuras dulu sampai habis. Hal ini untuk menghindarkan Nitrogen bercampur dengan udara biasa yang dapat menyebabkan tekanan ban kurang stabil.

Keuntungan isi angin dengan Nitrogen?

1. Mengurangi resiko karat pada velg
Oksigen adalah salah satu unsur yang menyebabkan terjadinya oksidasi/karat. Dengan menggunakan nitrogen, ketiadaan gas oksigen di dalam ban dapat memperlambat terjadinya karat pada velg.

2. Tekanan ban terjaga lebih lama sehingga tidak perlu sering-sering isi angin
Partikel gas Nitrogen (N2) lebih besar dibandingkan dengan Oksigen. Sementara itu, Oksigen berukuran kecil dan dapat keluar melalui pori-pori ban. Oleh karenannya, Nitrogen dapat mencegah terjadinya kebocoran yang menyebabkan berkurangnya tekanan angin pada ban.

3.Daya cengkeram dan kinerja ban jadi optimal

4. Nitrogen aman digunakan karena tidak bisa terbakar

5.Menghindarkan ban dari kenaikan tekanan yang terlalu tinggi.
Ketika dibawa berkendara, ban akan mengalami kenaikan suhu. Begitu pula kalau kendaraan kita terlalu lama diparkir di bawah sinar matahari, ban akan mengalami kenaikan suhu.
Kenaikan suhu ini mengakibatkan kenaikan tekanan udara di dalam ban. Namun karena sifat Nitrogen tidak mudah memuai, kenaikan tekanan tersebut tidak terlalu tinggi. Dengan demikian, kemungkinan ban meledak di jalan akibat kelebihan tekanan dapat dihindari.



sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Nitrogen 
http://oto.detik.com/read/2014/02/11/172401/2493628/1214/isi-angin-ban-jangan-campur-nitrogen-dan-angin-biasa
http://www.otosia.com/berita/11-fakta-tentang-manfaat-nitrogen-pada-ban.html



0 Response to "Keuntungan Isi Angin Dengan Nitrogen"

Post a Comment